Pemdes Sulahan Tambah Anggaran untuk Ketahanan Pangan Desa

19 Oktober 2022
Perangkat Desa
Dibaca 367 Kali
Pemdes Sulahan  Tambah Anggaran untuk Ketahanan Pangan Desa

sulahan.desa.id,– Pemerintah Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli melaksanakan Musyawarah Desa (musdes) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2022. Musdes bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Desa Sulahan, Rabu (19/10/2022) pagi.

Perbekel Desa Sulahan, I Gusti Made Dwi Adnyana Putra mengatakan musyawarah perubahan anggaran dilakukan karena adanya penambahan dan pengurangan kegiatan, untuk memaksimalkan penyerapan realisasi kegiatan sehingga meminimalisir Sisa Lebih Perhitungan Anggaran tahun ini.

Kegiatan yang ditambah dalam APBDes Perubahan Tahun 2022 yakni Penyusunan Kajian Akademis Pemekaran Desa, Pembangunan Jalan Usaha Tani Banjar Dinas Jalanbau, Pembangunan Jalan Lingkungan Br Jalanbau, Lanjutan DPT Jalan Lingkungan Alisbintang, Pelatihan Ternak Babi di Banjar Dinas Tanggahan Gunung, dan Penambahan BKK Subak yakni Sawah Jalanbau dan Sawah Kreteg.

Sedangkan kegiatan yang mengalami pengurangan, yaitu Kegiatan Penanggulangan Bencana (8% Penanganan Covid-19), Pelatihan Ternak Lebah Madu, dan Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber.

Sementara itu Pendamping Kecamatan, Made Juliartini yang hadir pada Musdes ini mengatakan perubahan anggaran dilakukan ketika ada hal yang urgen dan itu sesuai dengan aturan dan memenuhi syarat.

Misalnya kata Made, Pengurangan 8% untuk Penanganan Covid – 19 harus dilampiri dengan Surat Keteranga dari Satgas Desa tentang kondisi Covid saat ini di Desa apakah sudah bisa ditangani dengan baik atau belum, dan Penggunaan 8na Penanggulangan Covid harus digunankan untuk Prioritas Penggunaan Dana Desa yang sudah ditetapkan Pemerintah Pusat.

Kegiatan ini dihadiri pula Babinkantibmas Desa Sulahan, PLD, Para Kepala Dusun, Jro Bandesa Adat, Karang Taruna, Ketua BPD bersama anggota, tokoh masyarakat, PKK, dan tamu undangan lainnya.

(wira)