Selamat Datang di Website Resmi Desa Sulahan, Kecamatan Susut, Kabupaten Bangli. Media komunikasi dan transparansi Pemerintah Desa Sulahan untuk seluruh masyarakat. Silahkan datang ke Kantor Desa Sulahan meminta PIN jika Anda ingin melihat data yang terdaftar di Data Kependudukan, atau ingin melaporkan sesuatu ke Pemerintah Desa. Destinasi Wisata Alam di Kabupaten Bangli kini bertambah dengan Banjar Cekeng, yang akan digarap dan dijadikan ikon pariwisata Penglipuran 2

Artikel

PETERNAK BABI JANGAN SALAH PILIH, JENIS BABI YANG BAIK DAN COCOK UNTUK USAHA

05 Mei 2022 03:54:57  I Wayan Wiranata  1.025 Kali Dibaca  Berita Desa

Babi gemuk dan sehat adalah impian para peternak babi, khususnya usaha penggemukan babi. Tentu saja, semakin cepat babi gemuk, maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan. Usaha penggemukan babi terbukti menguntungkan, karena babi bisa melahirkan lebih dari satu anak dalam setiap kelahiran (polytocous). Selain banyaknya anak yang bisa dilahirkan, babi juga memiliki jarak kelahiran yang pendek.

Lalu, jenis babi apa saja yang bisa dibudidayakan? Nah, berikut ini adalah jenis-jenis babi unggul yang banyak dipilih oleh peternak babi untuk digemukkan. Diantaranya adalah:

Babi Jenis Veredeld Duits Landvarken

  • Jenis babi Veredeld Duits Landvarken atau yang biasa disebut VDL memiliki ciri-ciri kepala berukuran besar, sedikit lonjong, telinga besar dan panjang hingga bergantung ke arah muka. Tulang belakangnya panjang, serta tubuh yang lebar dan bulat.
  • Bentuk tubuh yang bongsor dan menghasilkan banyak daging inilah yang menjadikan babi VDL asal German ini sebagai salah satu jenis babi favorit peternak babi.

Babi Jenis Yorkshire

  • Memiliki persentase karkas tinggi, babi asal Inggris ini memiliki cara warna tubuh putih halus, bertubuh besar dan panjang, serta telinga tegak mengarah ke depan.
  • Babi ini sangat baik untuk diternakkan karena memiliki kemampuan beranak tinggi dan mampu mengasuh anakannya dengan baik. Ini salah satunya diketahui dari kemampuan laktasinya yang tinggi.

Babi Jenis Landrace

  • Ciri-ciri babi Landrace adalah bulu tubuh berwarna putih halus, kepala kecil dan panjang, serta timbunan lemaknya yang tipis. Babi jenis ini memiliki bentuk kaki yang kuat dan paha yang membulat dengan timbunan lebih banyak di bagian paha.
  • Meski berukuran kecil, babi jenis ini bisa menambahkan berat tubuhnya hingga 1kg/hari. Sehingga berat sapih (35 hari) bisa mencapai >15 kg.

Babi Jenis Duroc

Babi jenis Duroc adalah babi yang umum muncul di layar kaca. Memiliki warna merah muda, tubuh panjang berbentuk busur, dan kepala berukuran sedang.

Babi Jenis Berkshire

Babi Berkshire adalah jenis babi unggul yang paling banyak dipilih oleh peternak penggemukan babi. Hal ini dikarenakan babi jenis ini digadang-gadang sebagai babi tipe pedaging yang paling bagus dan produktif.  

Itu adalah jenis-jenis babi yang paling banyak dipilih. Namun, selain jenis babi tersebut, ada juga babi lokal asli Indonesia yang dipilih untuk dibudidayakan. Sesuai namanya, babi tersebut berasal dari jenis babi hutan.

Selain babi lokal, ada juga babi Hampshire, babi Saddleback dan babi Tamworth yang banyak dibudidayakan di dunia. Anda bisa memilih salah satu dari jenis babi diatas untuk dibudidayakan.

dikutip dari https://gdm.id/cara-beternak-babi-lengkap-agar-cepat-besar-dan-gemuk/

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


WA Layanan Desa

Hubungi Kami

Hubungi Kami

Aparatur Desa

Agenda

Belum ada agenda

Perpustakaan Desa

PERPUSTAKAAN DESA

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel Pajak Online

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:78
    Kemarin:247
    Total Pengunjung:175.142
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.85.190
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

01 Juni 2018 | 18.003 Kali
Lambang Desa
01 Juni 2018 | 17.826 Kali
Selamat Datang di Website Resmi Desa Sulahan
22 Juni 2018 | 17.688 Kali
Sejarah Desa
01 Juni 2018 | 17.591 Kali
Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa
01 September 2018 | 17.591 Kali
Balai Banjar
01 September 2018 | 17.579 Kali
Desa Adat di Desa Sulahan
01 September 2018 | 17.557 Kali
Sarana Pendidikan