Banjar Cekeng Destinasi Wisata Baru di Bangli Mirip Penglipuran

17 September 2018
I Wayan Adnyana Putra Yasa
Dibaca 884 Kali
Banjar Cekeng Destinasi Wisata Baru di Bangli Mirip Penglipuran

Kini Kabupaten Bangli memiliki destinasi wisata alam baru di Banjar Cekeng, Desa Sulahan, Susut, Bangli. Destinasi ini merupakan tetangga Desa Wisata Penglipuran, yang memiliki tradisi dan pola hidup yang hampir sama, hanya saja masyarakat Banjar Cekeng baru memulai penataan wilayahya menjadi destinasi wisata.

Hal ini juga merupakan realisasi dari harapan Bupati Bangli untuk mewujudkan 10 Penglipuran baru di Bangli, yang akan menjadi andalan mendulang pendapatan asli daerah atau desa.

 

Pola pengembangan destinasi ini meliputi pembuatan angkul-angkul bambu yang seragam untuk 29 rumah penduduk, memiliki pemandangan alam yang masih asli. Dan segera  destinasi ini akan ditetapkan sebagai Desa Wisata di Kabupaten Bangli.

 

Ada 4 wahana unggulan yang ditawarkan, di antaranya wahana air terjun, wahana tracking, situs sejarah, serta desa wisata.

Hanya saja, diakui dia, dari sejumlah wahana unggulan tersebut, masih perlu dilakukan penataan lanjutan. Seperti objek wisata air terjun, yang memerlukan penataan untuk akses jalannya.