Jelang Pileg 2019, Linmas Desa Sulahan di latih

16 November 2018
I Wayan Wiranata
Dibaca 457 Kali
Jelang Pileg 2019, Linmas Desa Sulahan di latih

Menjelang pelaksanaan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Perbekel (Pilkel) Tahun 2019, Desa Sulahan mengadakan pelatihan penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai persiapan untuk tetap menciptakan suasana kondusif serta aman dalam menjelang Pileg maupun keseharian masyarakat.

BabinKantibmas Desa Sulahan I Nyoman Suartoyo, menuturkan dalam kegiatan ini disampaikan tentang perekrutan, tugas dan keanggotaan linmas serta hal-hal lain yang berkaitan. "Kehadiran Linmas berperan penting untuk bersatu padu bersapa aparat dalam mewujudkan situasi kondusif saat Pileg," jelasnya usai pelaksanaan kegiatan di Lapangan Kecamatan Susut-Bangli.

Ditambahkannya, untuk optimalisasi perlindungnan masyarakat pihaknya memiliki beberapa program di antaranya mendorong terbentuknya struktur organisasi Satlinmas di tingkat desa dengan pengambilan sumpah janji anggota linmas, peningkatan fasilitas, sarana dan prasarana penunjang tugas operasional linmas. Selain itu pemberian kompensasi kepada anggota yang bertugas, pembentukan posko di tingkat kabupaten sampai dengan desa, serta peningkatan pemberdayaan linmas melalui pembinaan, pendidikan dan pelatihan.

Salah satu narasumber Kasi Trantib kecamatan I Nyoman Rasih, memberikan informasi tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu 2019. Selain tahapan yang dilaksanakan, baik pemilu satu putaran ataupun dua putaran, dia juga menyampaikan tugas linmas pada proses Pemilu 2019. Tugas tersebut adalah menjaga keamanan dan ketertiban masa tahapan pemilu, merawat hak pilih warga, melaksanakan sosialisasi dan pendidikan bagi masyarakat serta menjadi petugas keamanan TPS.

Lebih lanjut Babinsa Desa Sulahan I Dewa Made Martawan, menjelaskan dalam pemilu 2019, pemilu presiden dan pemilu legislatif dilakukan secara bersamaan. “kami yakin dan percaya para linmas memiliki jiwa mulia, keikhlasan dan kerelaan dalam berjuang membantu masyarakat khususnya membantu mewujudkan ketenteraman, keamanan, ketertiban dan perlindungan masyarakat jelang Pemilu 2019,” ujarnya.

Menurutnya, dirinya banyak memperoleh ilmu kehidupan dari para Linmas yaitu ilmu ikhlas. Karena itu dia tidak tanggung-tanggung menyebut Satlinmas sebagai garda terdepan pada pelaksanaan Pemilu 2019 khususnya di bidang ketenteraman, ketenteraman, dan perlindungan masyarakat.(wira;)